ORGANISASI JEMAAT AHMADIYAH QADIAN DI INDONESIA


Lahirnya  kaum  Ahmadiyah-Qadian  ini  dimulai pada  saat  umat  islam  berada  dalam  zaman  akhir  ini  yang  sifatnya  sebagai  Masih  dan  Mahdi.  Namun  pada  saat  Mirza  Ghulam  Ahmad  Al-Qadiyani (1835-1908)  hadir  di India, Ia  mengumumkan  kepada  kaum  bahwa  beliau  adalah  Al-Masih  dan  Al-Mahdi  untuk kaum  ini  yang  dikatakannya  atas  perintah  Allah  SWT.  Ia  telah  dapat  mendirikan  jama’ahnya  pada  tahun  1889  agar  mereka  memikul  pada  pundak  mereka  atas  kepentingan kalimah  islam.
Ahmadiyah  bukanlah  agama  baru, tetapi  Ahmadiyah  telah  lahir  pada  saat  Mirza  Ghulam  Ahmad  Al-Qadiyani  hadir  pada  tahun 1835  di India. Kaum  Ahmadiyah  juga  membenarkan  kalimah  Syahadat”  sama  seperti  kaum islam  lainnya, Mirza  Ghulam  Ahmad  mengumumkan  bahwa  kepercayaan/aqidah  hidupnya Nabi  Isa a.s  tentang turunnya Ia dari  langit  pada  akhir  zaman  adalah  salah  dan  kepercayaan  itu  menyangkal  dari  Al-Qur’an, As-sunnah, akal  dan  fakta  sejarah.  Kemudian  beliau  juga  mengatakan  tentang  turunnya  Al-Masih  yang  disebutkan  dalam  beberapa  hadits bahwa  maksud  dari  turunnya  adalah  lahirnya  seseorang  dalam  umat  islam  ini  yang  menyerupai  Al-Masih.
Karena  berita  turunnya  Isa di kalangan  kaum  muslimin  itu  sangat  serupa  dengan  turunnya  Elia  dahulu, Ia  tidak  turun  dari  langit  sebagai  mana  apa  yang  mereka  lihat, bahkan  Ia  lahir  di atas  bumi  dengan  kelahiran  secara  Tamsil ( perserupaan )  dan  itu  ada  pada  sosok  Nabi  Yahya  a.s .
Hadirnya  kaum  Ahmadiyah  ini  merupakan  seretan  dalam  lintas  peristiwa  sejarah  Islam, yang  kemunculannya  tidak  terlepas  dari  situasi  dan  kondisi  umat muslim pada  saat  itu.  Sejak  kekalahan  Turky  Usmani  dalam  serangannya  ke benteng  Wina  pada  tahun  1683, pihak  Barat  mulai  bangkit  menyerang  kerajaan  tersebut  dan  serangan  itu  lebih  efektif  lagi  pada  abad  18.
Sesudah  India  menjadi  koloni  Inggris, tampaknya  sikap  umat  muslim  yang  masih  sangat  tradisional  dan  fatalistis, dengan  disertai  semangat  antipati  dan  fanatisme  keagamaan  yang  berlebihan  dalam  menghadapi  bangsa   Barat, menyebabkan  mereka  terisolasi.  Keadaan  kaum  muslimin  ini  semakin  buruk  terutama  sesudah   terjadi  pemberontakan  Mutiny  di tahun 1857. Dan  kemudian kaum  Ahmadiyah  di India  mulai  menyebar  ke berbagai  tempat  dan  itu  termasuk  Indonesia  yang  menjadi  lintasan  perdagangan  dunia.
Aliran  Ahmadiyah-Qadian  menemukan  puncak  kejayaannya  di Indonesia terjadi  pada  masa  kepresidenan  Abdurrahman Wahid  atau  sering  di sapa dengan  Gus Dur.  Saat  itu  Gus Dur  terang-terangan  menyatakan  siap  membela  warga  Ahmadiyah.  Semenjak  kehadirannya  di Indonesia  dan  menjadi  meluas  hingga  masuk  ke Aceh  Selatan, Tapaktuan  pada  tahun  1925, Ahmadiyah  mengalami  pasang  surut.  Sejarah  mencatat  saat  Ahmadiyah  tiba  di daerah  Padang (1926), kelompok ini  telah  mendapat  perlawanan  dari   penganut  islam  setempat. Metode  dakwahnya  yang  dikenal  lebih  rasional  dan  liberal, membuat  kalangan  muda  tertarik  dengan  tawaran  Ahmadiyah. Disisi  lain, kedatangan  Mubaligh  Ahmadiyah  menjadi  serupa  ancman  atas  ajaran  islam  yang  dibawakan  oleh  para  ulama. Bahkan  mereka  tidak  segan-segan  mengajak  berdebat  mengenai  islam  dengan  kalangan  ulama  islam  yang  telah  mapan  ditempat  mereka  bermukmim. Ahmadiyah  yang  datang  melalui  sumatera  disebut  Ahmadiyah-Qadian, lantaran  para  penyebarnya  memang  berguru  langsung  di tempat  Ahmadiyah  berasal, yakni  di desa  Qadian  Punjab, India. Kelak  mereka  menamakan  diri  sebagai  Jemaat  Ahmadiyah  Indonesia. Sementara  yang  pertama  masuk  ke Jawa, tepatnya  di Yogyakarta  pada  tahun  1924 disebut  Ahmadiyah  Lahore, karena  berpusat  di Lahore, Pakistan. Kemudian  mereka  menamakan  diri  sebagai  Gerakan  Ahmadiyah  Indonesia  yang  berpusat  di Yogyakarta.  Penyebar  awal  faham  ini  adalah  dua  mubaligh  Ahmadiyah  asal  India  yang  bernama  Maulana  Ahmad  dan  Mirza  Wali  Ahmad  Baigh.

Dalam  sidangnya  di Jeddah ( Saudi Arabia )  pada  tanggal  10-16  Rabiuts  Tsani  1406 H  atau  bertepatan  dengan  tanggal  22-29  Desember  1985 M, badan fiqih  islam  berpendapat  bahwa  ajaran  pokok  Ahmadiyah  ada  4 , yaitu keyakinan  bahwa  Mirza  Ghulam  Ahmad  adalah :
1.      Seorang  Nabi
2.      Isa  anak  Maryam
3.      Imam  Mahdi
4.      Seorang  Mujaddid

Sedang  Ajaran  pokok  Ahmadiyah  Lahore, menolak  tiga  ajaran  pertama  dan  hanya  meyakini  Mirza  Ghulam  Ahmad  sebagai  Mujaddid.


Awalnya  dimulai  pada  tiga  pemuda  yang  berasal  dari  pesantren  Islam di Sumatera  Barat, yaitu  Abubakar  Ayyub, Ahmad  Nuruddin  dan  Zaini  Dahlan  pergi  ke India  untuk  melanjutkan  pendidikan  agamanya. Dan  disana  mereka  mendapati  sumber  Ahmadiyah  dari  Qadian, meskipun  mereka  dapat  tantangan  dari  para  jamaat  Ahmadiyah  Lahore (Anjuman  Isyaati  Islam)  yang  di dirikan  oleh  Mirza  Ghulam  Ahmad. Baru  pada  saat  pertangahan  tahun  1925, Mirza  Basyiruddin  Mahmud  Ahmad  memimpin  pelepasan  Maulana  Rahmat  Ali  berangkat  ke Indonesia, maka  sejak  itulah  pondasi perkembangan  Ahmadiyah Qadian  di Indonesia telah  diletakkan.  Maulana  Rahmat  Ali  tiba  pertama  kali  di Tapaktuan, Aceh. Disana  ia  dapat  merekrut  beberapa  orang  untuk masuk  dalam  aliran  Ahmadiyah, namun  mereka  mendapat  pertentangan  dari  masyarakat  setempat. Kemudian  ia  melanjutkan  perjalanannya  ke Padang, disana  mendapat  titik  balik  banyak  kaum  intelektual  Islam  dan  tokoh-tokoh masuk  kedalam  Ahmadiyah. Dan  di Padanglah  pada  tahun  1926 secara  resmi  berdiri  sebagai  suatu  Jamaat  atau  suatu  Organisasi. Pada  tahun  1931  Maulana  Rahmat  Ali  menuju  ke Jakarta, ibukota Indonesia. Dan  perkembangan  Ahmadiyah  semakin  cepat, banyak  kaum  Intelektual, orang terpelajar, tokoh-tokoh  terkenal  dan  masyarakat  ningrat  masuk  kedalam  Ahmadiyah. Di Jakartalah  pengurus  besar  Ahmadiyah  didirikan  dengan  R. Muhyiddin  sebagai  ketua  pertamanya. Tetapi  perkembangan  itu  bukan  tanpa  perjuangan  para  Ulama  Indonesia, baik  tradisional  dan  modernis  terus  menyerang  dan  menentang. Banyak  perdebatan resmi  terjadi  antara  Ahmadiyah  dan  Para Ulama  Islam  lainnya, dan  yang  paling  terbesar  adalah  dilaksanakan  di Jakarta  pada  tahun  1933.
Pergerakan  jemaat  Ahmadiyah  dalam  islam  adalah  suatu  organisasi  ke agamaan  dengan  ruang  lingkup  internasional  yang  memiliki  cabang  di  174  Negara  terbesar  di  Afrika , Amerika  Utara, Amerika  Selatan, Asia, Australasia  dan  Eropa.   Rahmat  Ali  yang  membawa  aliran  Ahmadiyah  masuk  ke Tapaktuan, Aceh Selatan  menyebar  aliran  ini  ke Padang  pada  tahun  1926, disana  ia  mulai  melakukan  tabligh  seperti  pada  waktu  ia  tiba  di Tapaktuan  hingga  ke  daerah  Padang  Panjang  dan  Bukit  Tinggi.  Namun  tabligh  yang  dilakukan  di kota  ini  mendapat  pertentangan  sehingga  berdiri  sebuah  komite  yang  diberi  nama  “Komite  Mencari  Hak”  yang  dipimpin  oleh  Tahar  Sutan  Marajo, tujuannya  adalah  untuk  mempertemukan  mubaligh  Ahmadiyah  dengan  ulama  Minangkabau.
Itu  terjadi  pada  permulaan  tahun  1926, akan  tetapi  penyelenggaraan  debat  tidak  jadi  diselenggarakan  karena  pihak  alim  ulama  tidak  hadir  kecuali  hanya  murid-muridnya  saja, sehingga para  anggota  komite  merasa  kecewa.  Reaksi  lain  masih  di tahun yang  sama  (1926), ayah  Hamka  Dr. H. Abdul Karim  Amarullah  mengecam  keras  Ahmadiyah  yang  dibawa  oleh  Rahmat  Ali  dan  menganggap  kaum  Ahmadiyah  berada  diluar  islam.  Bahkan  lebih  tegas  lagi dianggap  sebagai  kafir, namun   hal  itu  tidak  menghambat  perkembangan  jemaat  Ahmadiyah  di Padang. Anggota  Ahmadiyah  pada  awal  berdirinya  berjumlah  15  orang, mereka  antara  lain Mohammad  Taher  Sutan  Marajo, Daud  Gelar  Bongso  Marajo  dan  lain-lain.
Dengan  demikian  Maulana  Rahmat  Ali  boleh  disebut  pembawa  faham   Ahmadiyah  ke Indonesia  bersama  pemuda-pemuda  indonesia  yang  belajar  di Qadian.  Oleh  karena  itu  Maulana  Rahmat  Ali  dipandang  sebagai  perintis  Ahmadiyah  Qadian  di Indonesia yang  dalam  perkembangannya  menjadi  sebuah  organisasi  dengan  nama  Jemaat  Ahmadiyah  Indonesia.
Setelah  berdiri  sebagai  organisasi  di tahun  1929, Maulana  Rahmat  Ali  kerap  mendapatkan  ejekan. Meskipun  demikian  Rahmat  Ali  tetap  melanjutkan  tablighnya  ke daerah  lain, seperti  Bukit Tinggi, Payakumbuh, dan  beberapa  daerah  lainnya. Dia  dibantu  oleh  M. Haji  Mahmud  yang  saat  itu  baru  kembali  dari  Qadian.  Menurut  Arnold  J. Toynbee  dalam  bukunya  A  Study of  History, tidaklah  dapat  dipungkiri  bahwa  kehadiran  Ahmadiyah  di Indonesia  merupakan  sebuah  tantangan  bagi  umat  islam  Indonesia, khususnya  para  ulama  dan  tokoh-tokoh islam.  Apalagi  setelah  ada  respon  dari  sebagian  masyarakat  islam  yang  menyatakan  diri  mengikuti  faham  Ahmadiyah.




DAFTAR  PUSTAKA

Anwar, Ahmad. 2002. Dimana  Letak  Kesesatan  Dan  Bahaya  Ahmadiyah. Bandung :  Yayasan  Al-Abror, Bandung
Djamaluddin, Amin. 1993. Ahmadiyah  &  Pembajakan  Al-Qur’an. Bandung : CV  Sartika  Bandung
Fathoni, Muslih, 1994. Faham  Mahdi  Syi’ah  Dan  Ahmadiyah  Dalam  Perspektif.  Jakarta  Utara : PT  Raja Grafindo  Persada
Amir. 2011. Theologi  Jemaat  Ahmadiyah. Jakarta :  Rajawali  Pers


Related Posts:

0 Response to "ORGANISASI JEMAAT AHMADIYAH QADIAN DI INDONESIA"

Posting Komentar